Annual Meeting VIII Forum HarimauKita

Harimau Sumatera merupakan sub-spesies harimau terakhir yang tersisa di Indonesia, setelah Harimau Bali dan Harimau Jawa mengalami kepunahan. Saat ini, populasi Harimau Sumatera semakin terancam oleh perburuan dan perdagangan ilegal bagian tubuh Harimau Sumatera, serta konflik dengan manusia akibat semakin tingginya pembukaan hutan. Kondisi tersebut menjadi landasan didirikannya Forum HarimauKita oleh para praktisi dan pemerhati konsevasi Harimau Sumatera pada tanggal 11 Maret 2008 di Lembah Harau, Sumatera Barat sebagai mandat dari Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera 2007-2017.

Hingga saat ini, telah lebih dari 100 individu anggota yang bergabung dalam Forum HarimauKita, berasal dari berbagai lembaga pemerintahan, NGO, private sector dan praktisi.

Visi HarimauKita yaitu mengupayakan kelestarian Harimau Sumatera hidup berdampingan secara harmonis dengan masyarakat. Untuk mencapai visi tersebut, HarimauKita memiliki misi yaitu :

  1. Memperkuat upaya pelestarian dan bentang alam Harimau Sumatera dengan menjalin komunikasi, menyediakan informasi dan memadukan aksi antar para pihak
  2. Menjadikan Forum HarimauKita sebagai acuan utama upaya pelestarian Harimau Sumatera melalui peran aktif dalam isu terkait Harimau Sumatera baik dalam lingkup nasional maupun internasional.
  3. Memastikan dan mengawasi pelaksanaan Strategi dan Rencana Aksi Pelestarian Harimau Sumatera.

Semenjak didirikan, Forum HarimauKita telah berhasil mengkoordinasikan beberapa aktifitas penting dalam konservasi Harimau Sumatera, antara lain monitoring populasi Harimau Sumatera di seluruh pulau menggunakan metode occupancy, membangun pusat media informasi tentang Harimau Sumatera, menyelenggarakan kampanye berkelanjutan melibatkan berbagai pihak dan lembaga, mengajak private sector untuk ikut andil dalam program perlindungan populasi Harimau Sumatera yang hidup di kawasan konsesinya dan menginisiasi penyatuan aksi lembaga-lembaga yang peduli terhadap kelestarian Harimau Sumatera di habitatnya.

Memasuki tahun ke sepuluh, dalam dua hingga empat tahun tahun terakhir ini Forum HarimauKita telah menjalankan program yang salah satunya adalah mendorong tercapainya target -target yang diamanatkan dalam Strategi Konservasi Harimau Sumatera 2018-2028. Hal-hal tersebut melandasi diselenggarakannya Annual Meeting Forum HarimauKita.

WAKTU DAN LOKASI

Hari, Tanggal        : Jumat-Sabtu, 27-28 Juli 2018

Tempat                 : Lembah Harau Resort Homestay & Convention, Kab. 50 Kota, Sumatera Barat

PESERTA

Annual Meeting VIII akan diikuti oleh anggota forum yang berasal dari berbagai lembaga pemerintahan, NGO, private sector dan praktisi.